Kamis, April 09, 2009

Mega Dibantai 34.000 Orang di Facebook, Trik Ala Tukul Arwana?

Masa tenang dalam tahapan Pemilu 2009 sudah dimasuki. Pesta kampanye partai politik dan calon legislatif sudah usai. Atribut-atribut partai satu per satu dibersihkan dari jalan-jalan kota dan desa. Minggu ini diharapkan keadaan benar-benar tenang.


Tapi tidak demikian halnya dengan dunia internet, khususnya jejaring perkawanan facebook. Jejaring yang sedang ngetop gara-gara Barack Obama mempopulerkannya hingga menghantarkan dirinya menjadi Presiden AS terpilih ke-44 ini menjadi buah berita. Gara-garanya adalah keberadaan sekelompok orang yang berdiskusi, mengkritik dan menghujat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sehubungan dengan kampanye PDIP akhir-akhir ini. Katanya, sih dilengkapi juga dengan gambar-gambar tidak senonoh.


Dengan menggunakan nama “Say No!!! to Megawati” sebanyak 34.000 orang yang sudah terdaftar sebagai anggota diancam oleh Sekjen PDIP Pramono Anung akan dilaporkan kepada Bawaslu. Menurutnya para pelaku bisa diancam pidana dengan UU No.10 Tentang Pemilu pasal 270 dengan hukuman 24 bulan karena bisa dikatagorikan kampanye hitam (black campaign). Pramono Anung juga menuduh upaya mendiskreditkan Megawati ini dilakukan oleh lawan politik Megawati.


Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Wahidah Suaib, yang dihubungi melalui telepon, Minggu (5/4) siang, mengatakan, di dalam Pasal 84 tentang Larangan Kampanye, sanksi hanya dapat dikenai jika kampanye hitam dilakukan oleh peserta, pertugas, atau pelaksana kampanye parpol.


Artinya, jika itu bukan dari ketiga unsur tersebut, tak bisa dikenai pidana pemilu. "Kita harus lihat dulu, siapa yang melaksanakan grup tersebut, ketiga unsur tadi, karena ada pembatasan dalam konteks UU Pemilu. Ada pembatasan dalam pasal ini hanya untuk aktivitas dalam kampanye," ungkapnya.


Tapi ada yang perlu dicermati dalam dunia politik, bahwa upaya menjelek-jelekkan diri sendiri ala Tukul Arwana sudah menjadi trend agar dibelaskasihani sebagai orang teraniaya. Bisa jadi dibalik kasus jejaring facebook ini ada orang PDIP sendiri di belakangnya?




Sumber berita : http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/04/06/11414393/PDI-P.Laporkan.Facebook.Say.No.to.Megawati.ke.Bawaslu

Sumber gambar : http://www.biskom.web.id/wp-content/uploads/2009/03/republik-facebook1.jpg

2 komentar:

  1. 75.000 orang anggota group ini.

    BalasHapus
  2. aku udah gabung grup ini ...... !!!

    note : saya bukan DEMOKRAT !

    saya hanya rakyat yg kecewa dengan politik Mega

    BalasHapus