Jumat, November 14, 2008

10 Tips Menciptakan Posting yang Populer



Nilai sebuah posting anda yang populer bisa menciptakan banyak jalan dan hubungan dengan banyak orang dibandingkan dengan seluruh kegiatan anda dalam sebulan, percaya ?


Pada posting ini saya akan menantang anda untuk menggali potensinya, bisa ngga menciptakan sebuah posting yang populer dan dibaca banyak orang, bahkan apabila anda mengelola sebuah blog, posting Anda bisa membikin blog Anda terkenal dan selalu diminati.


10 tips berikut disajikan khusus bagi anda untuk dapat menciptakan sebuah posting yang populer. Tidak ada “blue print” yang bisa diikuti untuk menjadikan sebuah posting bisa terkenal. Satu kata kunci yang pasti adalah Anda jangan lelah untuk mencoba dan mencoba, menulis dan menulis. Semoga tips berikut memberikan kepada Anda “tembakan yang tepat” untuk mencapai sukses dalam menulis posting.



1. Waktu dan kerja keras lebih penting dibanding bakat


Berikan saya waktu selama delapan jam penuh untuk bekerja dan saya akan memberikan hasil yang sempurna, begitu biasanya anggapan orang. Sebetulnya untuk menulis sebuah posting tidak perlu menghabiskan waktu selama itu – walaupun biasanya memang begitu ketika pertama kali kita memulai untuk menulis. Lebih banyak waktu yang tersedia akan menjadi lebih berarti apabila digunakan untuk menyunting / mengedit, memperbaiki kesalahan-kesalahan, menambah hal yang dirasa kurang dan menambah nilai dari isi posting. Jadikan waktu yang tersedia untuk menjadikan posting kita bertambah sempurna sehingga siap untuk diluncurkan.



2. Gunakan ide terbaikmu


Sebuah posting tidak akan pernah menjadi populer kecuali posting tersebut memenuhi kebutuhan pembacanya berupa informasi yang jelas dan tegas. Informasi apa kira-kira yang masih dibutuhkan oleh kita? Bayangkan anda adalah pembaca posting, dan bayangkan apa yang dibutuhkan oleh mereka seperti juga anda membutuhkannya. Ya, semua orang membutuhkan informasi yang dapat membantu mengatasi permasalahan dalam kehidupan mereka, termasuk juga memenuhi rasa ingin tahu mereka. Posting yang bisa membantu semakin banyak orang, akan semakin menarik dan dicari.



3. Pengaturan format isi untuk mencapai hasil yang maksimal


Media sosial – citizen jurnalism seperti Wikimu misalnya – akan menjadi media yang efektif untuk mengangkat sebuah posting menjadi populer, bahkan untuk mempopulerkan sebuah blog. Memang para pembaca media sosial bisa berbuat suka-suka dalam menentukan pilihannya atas tulisan-tulisan yang ada. Bahkan mereka tidak memiliki aturan baku kenapa memilih sebuah posting lebih diminati dari posting lainnya. Maka gunakanlah pengaturan format isi untuk menjadikan sebuah posting menjadi lebih menarik. Berikan tekanan khusus pada asfek tertentu, misalkan pada tema, kata-kata lucu atau indah, atau barangkali nasehat-nasehat mendalam. Singkat kata curahkan sumber daya terbaik kita untuk menjadikan sebuah posting yang menarik. Jadikan tulisanmu menonjol di antara tulisan-tulisan yang sudah ada.



4. Menggali tema dari headline berita secara brainstorm


Barangkali ada satu atau dua blogger yang menguasai seni tentang penulisan headline di media sosial. Sisanya adalah kita yang belum diberkati dengan ketrampilan seperti itu. Ketika anda melihat sebuah headline berita di koran yang sedang dibicarakan banyak orang, maka itu berarti banyak kesempatan untuk menciptakan banyak posting untuk ditulis. Gunakan kemampuan kita untuk melihat headline tersebut dari berbagai sudut pandang secara brainstorm. Munculkan berbagai ide secara acak di otak kita. Jadikan ide-ide tersebut menjadi berbagai tema tersendiri. Semua orang dengan mudah bisa menemukan sebuah headline berita di surat kabar. Demikian juga tidak membutuhkan waktu lama untuk membayangkan ide acak dari berbagai sudut pandang di kepala terhadap berita tersebut. Anda akan lebih hebat lagi apabila berhasil menciptakan sebuah posting yang populer dari headline berita yang lemah sekalipun.



5. Berikan banyak nilai di dalam sebuah posting


Pernahkah anda membaca sebuah posting tidak secara lengkap? Pasti kita semua pernah melakukannya. Kenapa bisa terjadi demikian? Karena pada posting tersebut terdapat sesuatu yang “wow” yang sudah ditemukan oleh kita, suatu nilai lebih yang menggairahkan kita. Karena hal “wow” tersebut sudah ditemukan, biasanya kita terfokus padanya dan tidak berminat lagi untuk merambah ke bagian lainnya.


Nah, agar menjadikan semua isi posting kita diminati untuk dibaca kenapa kita tidak memberikan nilai yang lebih tersebut merata pada keseluruhan isi? Apabila kita bisa memberikan 10 tips kenapa harus memberikan 5 tips saja. Apabila kita bisa mengumpulkan 5 sumber tulisan, kenapa harus menulis dari satu sumber saja? Semakin banyak yang pembaca bisa ambil dari posting anda, semakin senang mereka untuk membaca posting-posting anda yang lain.



6. Keindahan ada di dalam mata pembaca


Jika penampilan sebuah posting tampak baik, hal tersebut akan menarik pembaca masuk ke dalamnya. Ambil sedikit waktu untuk mencari ilustrasi gambar yang menarik, dan sesuai dengan isi warta. Bila perlu kenapa tidak membikin kreasi sendiri dengan sedikit bermain dengan gambar-gambar di internet. Klik browsing gambar pada Google dan temukan banyak pilihan. Padukan dengan bantuan software Corel Draw misalnya. Buat posting menjadi sebuah pesta visual dan cuci mata bagi pembacanya dengan menampilkan banyak gambar yang menarik. Banyak isi web yang ditampilkan dengan lemah lembut dan ceria akan diterima dengan terbuka oleh pembacanya.



7. Katakan kepada pembaca hal-hal yang akan anda katakan


Pada umumnya pembaca akan melewati bagian paragraf pembuka yang bertele-tele. Anda dapat mengungkapkan hal yang sama dengan lebih sedikit kata-kata, terutama sekali untuk pembaca kita yang tidak sabaran. Kebanyakan orang lebih menyukai isi posting yang langsung ke permasalahan alias to the point. Gunakan paragraf pembuka sebagai penjelasan singkat mengenai isi posting dan cara atau langkah untuk memahami isinya. Sehingga pembaca akan merasa dipandu dalam memahami tulisan anda dan mendapat gambaran singkat tentang isi posting secara keseluruhan.



8. Sampaikan pesan-pesan dengan link-link


Cara terbaik untuk menjadikan banyak orang membaca posting kita adalah dengan menciptakan link ke blog lain dalam tulisan kita. Jadilah dermawan ketika kita menulis posting dengan mencantumkan link pada blog-blog lain, tentu saja sesuai dengan isi tulisan. Apabila posting kita populer, berarti juga mempopulerkan blog-blog yang anda link. Balasannya bagi anda adalah semakin banyak orang berminat untuk membaca posting-posting anda yang lain karena pembaca menemukan banyak informasi dan jaringan yang luas.



9. Selidiki minat pembaca


Jika anda menghendaki pembaca benar-benar terpaku dengan posting-posting anda, tidak ada alasan mengapa anda harus duduk berpangku tangan dan mengharapkan semua terjadi dengan sendirinya. Selidiki apa yang mereka minati dari posting anda. Bikin polling – biasanya disediakan oleh penyedia blog – atau pasang gadget atau widget yang bisa menampilkan sudah berapa banyak jumlah pengunjung ke blog kita atau judul tulisan yang sedang dibaca, dan lanjutkan dengan tip no.10 berikut.



10. Uji apa yang dikerjakan sebelumnya


Pelajarilah posting-posting yang sampai sejauh ini paling populer. Secara umum apa yang menarik? Kenapa posting tersebut bisa populer? Apa yang dibutuhkan pembacanya sehingga mereka memilih untuk membaca posting tersebut?


Di dalam menciptakan sebuah posting agar menjadi populer dan diminati banyak orang adalah penting untuk belajar dari contoh posting yang sudah populer, baik tulisan anda sendiri maupun blogger lainnya. Pelajari kenapa itu bisa terjadi? Apa yang luar biasa dari posting tersebut? Transferlah kualitas yang terdapat di dalam sebuah posting yang populer yang sudah anda temukan ke dalam posting anda yang baru yang sedang dipersiapkan.




Bagaimana? Siapkah anda menjadi penulis posting yang populer? Kuncinya mulai dari sekarang dan jangan putus asa. Salam Blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar