Sabtu, Agustus 30, 2008

Dunia Artis dan Narkoba

Pernah dimuat di Wikimu pada Kanal Opini, Minggu 13-04-2008 09:45;34


Ketika sederet nama-nama artis ibu kota bermunculan sebagai tersangka pengguna narkoba (dalam bentuk penyalahgunaan), mungkin masyarakat umum bertanya-tanya dalam hati : Ada apa dengan artis-artis kita ? Siapakah lagi yang akan menyusul? Apakah dunia keartisan sudah menjadi sangat dekat dengan dunia narkoba? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin akan terjawab bila kita mencoba menyelami kehidupan artis itu sendiri dan pergaulannya.

Tapi apakah hanya artis-artis itu saja yang banyak menggunakan narkoba? Tentu saja tidak. Pengguna narkoba sekarang ini sudah sangat meluas di segala lapisan masyarakat. Tanpa pandang bulu, dari anak-anak Sekolah Dasar sampai kakek-kakek, laki-laki atau pun perempuan, swasta maupun PNS, rakyat jelata sampai pejabat pemerintah, anggota ormas, orpol sampai anggota DPR, bahkan sampai masyarakat di desa-desa terpencil! Gila! (Seandainya hal-hal yang positif bisa seperti narkoba ini penyebarannya, mungkin Indonesia sudah bangkit dari krisis)

Masalahnya sekarang, kenapa hanya penangkapan artis-artis itu yang begitu besar gaungnya? Mungkin karena mereka memang sudah ngetop alias popular, sehingga apa pun yang mereka lakukan selalu menjadi incaran wartawan. Apalagi yang negatif seperti menggunakan narkoba, pasti beritanya akan berulang-ulang menghias kaca televisi dan lembaran Koran. (Ini pasti gara-gara banyaknya program infotainment di stasiun-stasiun televisi kita). Tapi kemanakah berita mengenai pemakai Narkoba yang berasal dari kalangan pejabat, anggota DPR, aparat penegak hukum, praktisi hukum, atau keluarganya? Sampai hari ini sangat jarang terdengar. Sedangkan di sisi lain artis-artis kita yang diduga menyalahgunakan narkoba sengaja diburu-buru terus dan yang sudah tertangkap dibikin berita terus. Apa ini bukan disengaja untuk mengalihkan perhatian masyarakat? Semoga saja memang saya yang tidak tahu dan jarang memperhatikan berita. Atau mereka memang sangat bersih dan tidak pernah menyentuh barang-barang haram itu. Semoga saja……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar