Jumat, Januari 02, 2009

Cegah Bahaya Internet pada Anak, Situs Wajib Cantum “Rating Umur”

Apakah anak-anak anda sudah biasa online di internet? Berapa lama mereka di depan komputer? Situs-situs apa saja yang dikunjungi oleh mereka? Ataukah mereka biasa nongkrong di warnet dan anda tidak bisa mengawasinya?

Hati-hatilah akan bahaya internet pada anak-anak kita. Menteri Kebudayaan Inggris, Andy Burnham, saat wawancara dengan koran The Daily Telegraph menggambarkan internet sebagai "tempat yang cukup berbahaya" dan mengatakan ia ingin para penyedia layanan internet (ISP) menawarkan layanan web "aman untuk anak-anak".


Andy Burnham menyatakan dia yakin standard baru kesusilaan harus diterapkan di dunia web. Untuk mewujudkan pemikirannya itu, dia berencana melakukan negosiasi dengan pemerintahan AS era Barack Obama untuk menyusun peraturan internasional bagi situs-situs web berbahasa Inggris.


Salah satu yang dipertimbangkan adalah memberikan "rating ala film" kepada setiap situs Web. Untuk itu situs-situs web sudah waktunya mencantumkan "rating umur", seperti "untuk segala usia", "13 tahun ke atas", atau "17 tahun ke atas".


Lain di Inggris, lain pula di Indonesia. Jangankan untuk internet, acara-acara televisi saja susah pengontrolannya. Pada akhirnya kembali kepada peran orang tua yang diharapkan maksimal dalam pengawasan penggunaan internet pada anak-anaknya. Tapi bagaimana kalau anak-anak yang nongkrong di warung internet, sedangkan orangtua tidak mengetahui situs-situs apa saja yang mereka kunjungi di sana?


Perlu diingat, seperti televisi yang dampaknya negatifnya sangat terasa setelah 25 tahun lebih sejak pertama kali televisi diperkenalkan di Indonesia, mungkin dampak internet akan terasa lebih singkat lagi. Adakah tindakan kita mengatasi hal ini? Atau kita hanya akan membiarkannya terjadi?

1 komentar:

  1. artikel yang bagus, aku link ya ke tempatku: ajiprabowo.wordpress.com

    Makasih,
    Aji

    BalasHapus