Kamis, Oktober 23, 2008

Golput dan Makna Angka Nol


Sekelompok orang berunjuk rasa menuntut diakuinya keberadaan Golput. Mereka membawa poster bertuliskan Partai 0 (Nol) dan bergambar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary yang dipikin seperti mengakui keberadaan Golput.


Tetapi saya tidak mempermasalahkan apakah tuntutan mereka ini benar atau tidak. Saya tertarik dengan pilihan mereka untuk mencantumkan angka nol sebagai nomor “partai” Golput tersebut.




Kedudukan angka 0 di dalam bilangan Matematika

Angka nol adalah anggota dari kelompok bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif yang terdiri dari 1, 2, 3, dan seterusnya, angka 0 dan bilangan bulat negatif yang terdiri dari -1, -2, -3, dan seterusnya.


Sifat angka 0 di dalam sistem perhitungan Matematika adalah :


1. Apabila sejumlah bilangan apa pun dikali dengan 0 hasilnya akan 0. Sedangkan apabila dibagi dengan 0 (nol) maka hasilnya adalah tidak terdefinisikan.


2. Apabila sejumlah bilangan ditambah atau dikurang dengan 0 maka jumlahnya tetap senilai bilangan itu sendiri.


3. Sederet angka nol di depan angka bilangan bulat positif tidak mempunyai arti apa pun, sedangkan apabila diletakkan di belakang, akan menjadikan jumlahnya berlipat secara bertingkat per puluhan.


4. Semakin banyak deret angka nol di depan angka bilangan bulat di belakang koma akan semakin memperkecil nilainya, sedangkan yang berada di belakang tidak memberi pengaruh apa pun.



Makna konotasi angka 0


Angka 0 di dalam kehidupan kita sehari-hari bermakna :


1. Nilai buruk. Dari semua pelajar dan mahasiswa atau orang yang sedang mengikuti tes ilmu apa pun tidak ada yang menginginkan angka 0 sebagai hasil atau nilai akhir.


2. Tingkat sekolah terendah sebelum sekolah dasar atau Taman Kanak-Kanak.


3. Tidak mempunyai ilmu atau pengetahuan. Orang yang bodoh dan bebal dikatakan ilmunya atau pengetahuannya 0.


4. Usaha yang tidak ada hasilnya. Apabila antara keuntungan dan biaya seimbang, maka secara keuangan dikatakan 0 atau nihil.



5. Sia-sia. Orang yang berusaha namun tidak ada menghasilkan apa pun dikatakan hasil usahanya 0 atau sia-sia segala jerih payahnya.


6. Di dalam perhitungan maju angka 0 tidak digunakan. Orang biasa menghitung dengan menggunakan angka 1 sebagai awal perhitungan. Misalnya: 1, 2, 3 dan seterusnya. Sedangkan angka 0 hanya dipergunakan dalam perhitungan mundur (countdown) dan disebutkan pada bagian akhir perhitungan. Teknik perhitungan mundur umumnya dipergunakan pada mesin penghitung waktu peluncuran pesawat angkasa luar, dimulainya perpindahan tahun dan mesin bom.



Hubungan makna angka nol dengan kelompok Golput


Saya tidak ingin menyimpulkan sendiri hubungan antara kelompok Golput yang memilih angka 0 sebagai nomor urut “partainya” dalam pemilu dengan makna-makna angka nol tersebut di atas. Saya yakin Anda semua bisa menarik kesimpulan sendiri. Kira-kira apa, ya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar