Sabtu, Oktober 18, 2008

Tips : Cara Praktis dengan Online Mengetahui Bioritme Kita dan Selebritis Pujaan

Bisakah Anda membayangkan kalau sekarang juga kita bisa membandingkan kondisi emosional, fisik dan intelektualitas kita dengan para selebritis dunia? Kita bisa mengetahui berapa persen kecocokan perasaan dan pemikiran kita dengan mereka


Penasaran ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya.


Apakah Bioritme itu?


Sebelum saya memberikan cara praktis tersebut, Anda perlu tahu dulu apakah Bioritme itu. Bioritme adalah suatu episode waktu yang reguler dan beradaptasi berdasarkan kondisi fisiologi atau tubuh manusia selama manusia hidup, mempengaruhi kebiasaan hidup, aktivitas kehidupan dan keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan, sedangkan pengaruh siang-malam dan manusia lain dalam hal ini tidak diperhitungkan.


Ada 3 siklus utama dalam bioritme yaitu :


- Siklus fisik adalah respon selama 23 hari terakhir.

- Siklus emosi adalah respon selama 28 hari terakhir.

- Siklus intelektual adalah persepsi selama 33 hari terakhir.


Perjalanan grafik setiap siklus independen atau tidak saling mempengaruhi untuk memberi gambaran atau prediksi pola kebiasaan dan aktivitas hidup. Siklus kembali berulang setiap periode berakhir dari fenomena ke fenomena lain dan dari waktu ke waktu sepanjang tahun selama hidup dari mulai lahir sampai kematian.


Setengah dari fase awal setiap periode adalah positif dan merupakan aktivitas dan setengah fase akhir setiap periode adalah regenerasi. Titik kritis merupakan awal dari setiap fase sebagai titik nol yang menggambarkan fluktuasi energi dan mengakibatkan respon rendah atau terlalu agresif yang dapat mengakibatkan kecelakaan ataupun keputusan yang buruk.


Siklus fisik dalam 23 hari


Awal siklus fisik adalah energi yang kuat dan terasa kehidupan sangat bertenaga, potensi fisik terasa maksimal – vitalitas tinggi, dan setelah hari ke-7 terjadi penurunan menuju ke ½ fase negatif yang memberi ketidakseimbangan, tergambar dari keadaan fisik menurun, rasa tidak enak badan dan mudah lelah dan tidak bergairah. Pada hari ke-18 mulai naik ke arah titik kritis.


Siklus emosi dalam 28 hari


Dimulai dengan perasaan kooperatif dengan orang lain, optimistik mengahadapi setiap permasalahan, rasa sosial dan berhubungan dengan orang lain, dan kreatifitas yang membaik selama 8 hari dan kemudian menurun sampai hari ke 15 merupakan titik kritis menuju ke ½ fase negatif yang dipenuhi perasaan tegang, mudah tersinggung, perasa, dan stress. Titik terendah pada hari ke 22 dimana kondisi emosi makin rendah dan kembali berubah menuju ke fase positif berikutnya.


Siklus intelektual dalam 33 hari


Siklus ini dimulai dari pola positif selama 9 hari dengan kemampuan persepsi yang tinggi, penjelasan dan aktivitas intelektual yang makin meningkat terutama dalam logika menghadapi permasalahan, hal ini menggambarkan kerja otak yang efisien. Kondisi ini kemudian menurun sampai hari ke-17 hingga melampui titik kritis. Fase negatif memberi gambaran berupa keadaan sulit berpikir, sulit mengerti dan logika yang rendah sampai hari ke-26, kemudian grafik meningkat lagi ke fase berikutnya.


Bagaimana cara menghitung bioritme?


● merupakan suatu perhitungan jumlah hari dalam bulan dan tahun yang distandarkan 365 hari per tahun.

● dimulai dari hari kelahiran (hari, bulan, tahun).

● dihitung siklus fisik selama 23 hari, siklus emosi 28 hari dan siklus intelektual 33 hari.

● setiap perhtitungan dibagi dalam titik desimal terendah sebelum nol pada setiap siklus.

● Daftar tahun kabisat : …, 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, dan seterusnya ditambahkan empat tahun.


Contoh :

Mr. X lahir 20 November 1970 ingin melihat kondisi bioritmenya pada tanggal 30 November 2007.


Cara menghitungnya :

- Umur 37 tahun (2007-1970) ditambah sekian hari :

- 365 hari dalam 1 tahun x 37) sama dengan 13505 hari

- Hari tambahan (30 November – 20 November) = 10 hari

- Ada 9 tahun kabisat antara tahun 1970 sampai dengan 2007 = 9 hari

- Hari lahir = 1 hari

- Maka total = 13525 hari


● Kemudian dilakukan perhitungan menggunakan kalkulator dengan cara dilakukan pembagian, lalu tekan tanda sama dengan berkali-kali sampai sisa angka bulat bukan nol di akhir desimal sebelum angka 0.


- Siklus fisik : 13525 / 23 hari ke 1

- Siklus emosi : 13525 / 28 hari ke 4

- Siklus intelektual : 13525 / 33 hari ke 29


Penjelasan :

Pada tanggal 30 November 2007 siklus fisik Mr. X mempunyai nilai 1 berarti masih dalam keadaan terus membaik sampai hari ke-7 (titik puncak keprimaan fisik), kemudian baru akan menurun setelah itu. Untuk siklus emosinya mempunyai nilai 4 berarti kondisi terus membaik sampai hari ke-8 (titik puncak keprimaan emosi), setelah itu baru mulai mengalami penurunan. Sedangkan siklus intelektualnya mempunyai nilai 29, berarti dalam kondisi mulai menaik setelah melalui titik terendah 26. Namun ini masih berada pada kondisi kritis.


Cara praktis dan online mengetahui bioritme


Tentu saja saya tidak bermaksud mengajak Anda menghitung bioritme secara manual seperti di atas. Selain bisa terjadi kekeliruan juga cukup makan waktu dan pikiran, kan? Jadi biar mudah dan cepat berikut ini dihadirkan cara mudah dan praktis untuk mengetahui bioritme tersebut, yaitu :


1. Anda harus menglik pada Link ke-1 atau Link ke-2. Karena kedua link ini berbahasa Inggris, maka penjelasan makna bioritme harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi jangan kuatir, karena Anda tinggal kopi-paste kalimat dalam bahasa Inggris tersebut ke link penerjemah dan diterjemahkan di sana. Mudah, kan ?


2. Link ke-1 menayangkan tampilan yang sederhana. Pilih bulan lahir pada pilihan yang tersedia, lalu isikan tanggal dan tahun lahir. Kemudian isikan pilihan bulan kapan target bioritme serta tanggal dan tahunnya – hari yang diinginkan untuk diketahui bioritmenya. Setelah itu klik pada kata “compute”, maka gambar grafik bioritme akan segera ditampilkan.


3. Link ke-2 menayangkan tampilan lebih bagus. Langkah pengisian bulan, tanggal dan tahun lahir serta kapan target tujuan sama dengan link ke-1, kecuali ada penambahan rentang waktu pilihan, apakah 14, 28 dan 56 hari. Selanjutnya untuk melihat gambar grafik bioritme Anda harus menglik pada tombol “FREE Chart”.


Pada Link ke-2 ini Anda juga bisa melihat grafik bioritme para selebritis yang namanya sudah tercantum di sana, cukup dengan menglik nama mereka. Juga bisa dilakukan perbandingan antara bioritme kita dengan bioritme para selebritis tersebut. Caranya klik dulu nama selebritisnya dan lihat grafik bioritmenya. Lalu pada bagian sebelah kanan terdapat bagian "Your Compatibility with "nama si selebritis". Isikan bulan, tanggal dan tahun lahir kita, lalu klik "View Compatibility". Atau bisa juga kita melihat grafik bioritme kita terlebih dulu, baru kemudian klik nama selebritisnya langsung, maka grafik perbandingan akan terlihat.


Selain itu kita juga bisa membandingkan grafik bioritme kita dengan siapa saja. Caranya setelah kita melihat grafik bioritme kita, lalu kita isikan pada bagian "Your compability with "nama kita" bulan, tanggal dan tahun nama orang lain, pasangan kita misalnya, lalu klik "View Compatibility" untuk melihat hasilnya. Atau sebaliknya dicari grafik bioritme orang lain dulu, baru diisikan bulan, tanggal dan tahun lahir kita, maka kita akan segera tahu bagaimana perbandingan siklus fisik, emosi dan intelektual kita.


4. Cara membaca gambar grafiknya :


- Areal 0% sampai + 100% adalah kondisi bagus.

- Areal 0% sampai – 100% adalah kondisi buruk.

- Garis menaik dari 0% ke ke 100% berarti kondisi terus membaik sampai kondisi prima.

- Garis menurun dari + 100% ke 0% bermakna kondisi terus menurun tapi masih dalam kondisi baik.

- Garis menurun dari 0% ke – 100% berarti kondisi terus memburuk sampai keadaan terburuk di – 100%.

- Garis menaik dari – 100% ke 0% adalah kondisi yang membaik tetapi masih dalam kondisi buruk.

- Garis sumbu vertikal di tengah adalah tanggal hari yang diinginkan untuk diketahui kondisinya. Angka negatif di sebelah kiri adalah tanggal hari sebelumnya dan angka positif adalah tanggal hari sesudahnya.


Apakah kegunaan grafik bioritme?


Anda mungkin bertanya-tanya: apa, sih gunanya kita mengetahui siklus kehidupan yang disebut bioritme itu? Kegunaannya adalah :


1. Kita bisa memahami kondisi biologis kita atau orang terdekat kita dengan akurat dan tepat waktu.


2. Pemahaman akan kondisi biologis berupa siklus fisik, emosi dan intelektual ini akan berguna untuk menciptakan perasaan saling memahami dan mengerti antara kita dengan orang terdekat kita.


3. Dapat dijadikan patokan untuk menyusun rencana kerja, atau pun kegiatan lainnya dalam kehidupan kita secara pribadi maupun bersama-sama dengan orang lain di sekitar kita. Misalnya pada saat siklus fisik kita menurun dan cenderung jelek, kita bisa menghindari perjalanan jauh maupun kegiatan yang memerlukan tenaga lebih.


Nah, selamat mempelajari bioritme Anda dan orang terdekat Anda. Semoga benar-benar berguna untuk semua. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar