Selasa, Oktober 28, 2008

Seandainya Pemuda Indonesia Melakukan Kongres Lagi


Kongres Pemuda II sudah berlangsung 80 tahun yang lalu. Sampai saat ini belum ada lanjutannya berupa kongres lagi. Padahal hampir semua organisasi yang ada di Indonesia sudah mengadakan kongresnya untuk kesekiankalinya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.


Jadi saya berandai-andai para pemuda dan pemudi Indonesia mengadakan Kongres Kaum Muda Indonesia III yang dilangsungkan di sebuah daerah yang sedang rawan dengan bahaya disintegrasi, yakni Papua.


Kongres Kaum Muda Indonesia III tersebut dihadiri oleh perwakilan organisasi-organisasi pemuda dari seluruh Indonesia dengan latar belakang yang beragam, ada pemuda dari Forum OSIS seluruh Indonesia, Forum Komunikasi Senat Mahasiswa seluruh Indonesia, Persatuan Karang Taruna Indonesia, organisasi-organisasi pemuda yang bernaung di bawah partai politik, organisasi masa, LSM-LSM, komunitas blogger, klub-klub motor dan otomotif, komunitas underground, klub-klub olahraga, komunitas musik dan lain sebagainya.


Di dalam Kongres Kaum Muda Indonesia III tersebut mereka membuat kesepakatan yang disebut Deklarasi Kaum Muda Indonesia, yang isinya :


1. Kaum Muda Indonesia bertekad dengan segenap jiwa untuk melaksanakan isi Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928.


2. Kaum Muda Indonesia bertekad dengan segenap jiwa untuk melaksanakan isi Pancasila dan UUD 1945.


3. Kaum Muda Indonesia bertekad dengan segenap jiwa untuk saling bekerja sama demi ketahanan dan pertahanan negara serta persatuan dan kesatuan bangsa.


4. Kaum Muda Indonesia bertekad dengan segenap jiwa untuk saling bekerja sama demi kemajuan dan peningkatan harkat dan martabat bangsa.


Mungkinkah khayalan ini terjadi ? Ataukah Anda mempunyai ide lain ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar