Sabtu, Desember 20, 2008

Dilarang Membaca Ramalan Nasib di Tahun 2009


Di akhir tahun seperti sekarang ini biasanya ada sebagian orang yang sibuk kasak-kusuk mencari referensi dari peramal – baik secara langsung, buku-buku atau ramalan via sms atau mengunjungi situs di internet – untuk mengetahui apa-apa yang mungkin terjadi di masa depannya, sampai-sampai melupakan hal-hal yang harus dibenahi dan urgen untuk dilakukan hari ini dalam rangka menata masa depan agar menjadi lebih baik.


Menjadikan ramalan sebagai bahan perbandingan, boleh-boleh saja, tetapi jangan meyakininya sebagai sesuatu yang mungkin atau pasti akan terjadi. Karena apabila anda yakin terhadap sesuatu hal, maka hal itu akan mempengaruhi gerak hati atau alam bawah sadar, dan selanjutnya oleh otak akan diterjemahkan sebagai perintah untuk direalisasikan. Inilah yang disebut sugesti atau perintah di alam bawah sadar yang tidak menyertakan pertimbangan logika, sehingga perintah itu diterima oleh tubuh begitu saja.


Mempercayai ramalan mempunyai dampak buruk terhadap seseorang, antara lain:


1. Melupakan potensi baik dari diri sendiri, sehingga mudah putus asa


2. Melupakan kelemahan diri sehingga menjadi lalai


3. Tidak mau berusaha memperbaiki keadaan, karena percaya bahwa ramalan akan terbukti dengan sendirinya.


4. Perasaannya mudah terombang-ambing, tergantung isi ramalan, sehingga unsur logika menjadi terabaikan.


5. Merusak itikad hati dan merusak akidah agama, karena dalam keyakinannya ada yang lebih berkuasa dari Tuhan, yakni peramal dan ramalannya.



Proses kerja sebuah ramalan yang diyakini


Seperti telah disebutkan di atas, sebuah ramalan yang diyakini akan menjadi sebuah sugesti di alam bawah sadar. Oleh otak perintah di alam bawah sadar ini diterjemahkan sebagai perintah yang harus direalisasikan. Otak kemudian memerintahkan seluruh sel, jaringan dan organ tubuh untuk mewujudkan kehendak perintah tadi di alam nyata.


Apabila anda meyakini sebuah ramalan yang menyebutkan bahwa anda akan menemui kesialan atau usaha anda akan menemui kendala besar di bulan tertentu di tahun depan, maka otak anda akan memerintahkan kepada sel, jaringan atau organ yang terkait untuk merealisasikannya.


Pertama otak anda akan memerintah kepada hormon tertentu yang bertugas melemahkan semangat. Selanjutnya otak memerintah hormon yang menurunkan daya konsentrasi agar anda menjadi lengah. Setelah itu hormon yang menimbulkan rasa takut dipompa secara berlebihan. Sebagai kombinasi dari ketiga hormon tadi adalah anda akan berperilaku, malas dan lengah, dan rasa takut yang menjadi berlebihan. Karena anda sebelumnya sedang dalam keadaan malas dan lengah, maka keadaan tidak merasa siap akan menimbulkan kepanikan. Dan kepanikan akan menghasilkan ketergesa-gesaan yang berpotensi bencana. Ternyata bukan peramal atau ramalan yang membuktikan dirinya, tetapi andalah yang secara tidak sadar membuktikan kebenaran ramalan itu hingga menjadi sebuah kenyataan!



Ciptakan takdirmu sendiri menjadi kenyataan


Setiap orang mempunyai takdir tertentu yang mana kelahirannya ke dunia adalah untuk merealisasikan takdir itu. Namun karena takdir tersebut tidak disebutkan atau diberitahukan kepada kita sebelumnya, maka jadilah ia sebuah misteri yang mesti dipecahkan.


Misteri takdir hanya akan terungkap apabila kita dengan seluruh daya kita berusaha mewujudkannya. Apabila kita membiarkannya saja, takdir itu pun akan mewujud, namun dalam bentuk yang barangkali tidak diinginkan. Sebagai contohnya:


Semangkuk sup yang dibikin pagi hari ingin dimakan oleh anda sore harinya. Anda mempunyai dua pilihan: pertama, membiarkan sup tadi apa adanya tanpa dilakukan apa pun dengan resiko sup menjadi basi atau kedua, anda memasukkannya ke dalam lemari pendingin dan menghangatinya sore hari sebelum menyantapnya. Kedua jalan tersebut masih terikat dalam kerangka hukum alam (sunatullah), namun sebagai pilihan, keduanya bisa dikatagorikan sebagai usaha anda untuk menentukan takdir.


Apabila anda memilih membiarkannya begitu saja, berarti anda sedang membentuk takdir anda, mendapati sup basi sore harinya. Sebaliknya apabila anda mau bersusah payah sedikit dengan memasukkan mangkuk sup ke dalam lemari pendingin dan kemudian menghangatinya, anda akan menikmati semangkuk sup hangat sore harinya. Semua tergantung pilihan anda.



Langkah-langkah merealisasikan takdir


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merealisasikan takdir anda. Alih-alih mempercayai ramalan, lebih baik anda mempersiapkan diri merealisasikan takdir sesuai dengan mimpi-mimpi anda.


1. Tentukan semangat anda yang sesungguhnya


Anda harus menemukan dengan tepat hal apa yang membuat anda begitu bersemangat dan bergairah. Banyak orang menghentikan pengejaran semangat yang sesungguhnya ketika dia sudah mendapatkan pekerjaan. Suatu pekerjaan hanyalah keasyikan awal sedangkan semangat yang sesungguhnya itulah yang sebenar-sebenarnya mengasyikan. Apa-apa sajakah yang membuat anda bersemangat? Barangkali salah satu yang merintangi kita dari mendapatkan semangat yang sesungguhnya adalah imajinasi yang terbatas. Ada suatu batas antara kita dengan semangat kita apabila kita bertindak berdasarkan perasaan, tetapi tidak ada akan batas ketika kita berada di bawah pengaruh imajinasi. Membiarkan imajinasi anda untuk membuka semangat yang baru berarti memungkinkan anda untuk sedikit bersantai dan beristirahat, karena imajinasi tidak membebani pikiran. Imajinasi itu seperti terbang tanpa sayap mengikuti angin.


Dari sekarang bayangkan apa yang membuat anda bersemangat. Apakah ketika anda menanam bunga di dalam pot, atau ketika anda membersihkan koleksi-koleksi pribadi – cd film, perangko dan lain-lain, atau ketika anda merancang suatu konsep modifikasi kendaraan anda?



2. Genggam erat tugas anda


Semangat yang sesungguhnya akan mengarahkan anda kepada tugas yang sesungguhnya. Tugas itu akan sesuai dengan kemampuan dan minat anda karena setiap orang mempunyai ukuran kemampuan dan minatnya sendiri-sendiri. Apakah bakat-bakat anda? Bakat-bakat itu adalah kunci ke arah potensi dan tujuan anda. Gunakan bakat-bakat itu semaksimal mungkin. Apa sajakah yang anda senang untuk melakukannya? Itulah yang mungkin menjadi tugas anda. Mengetahui tugas yang sesungguhnya dalam hidup ini lebih penting dibanding mendapatkan sebuah pekerjaan.



3. Jangan ditunda, mulailah sekarang!


Hidup itu berada di saat ini. Banyak orang sudah menghancuran hidupnya ketika mereka hidup di masa lalu atau di masa datang, dan melupakan hari ini. Apa-apa yang sudah anda mimpikan dari dulu, mulai sekarang untuk mewujudkannya. Lagu yang sudah lama ingin dikarang, tulislah mulai sekarang. Sebuah cerita yang sudah lama hidup di dalam pikiran anda, tulislah sekarang. Lukisan yang sudah lama tergambar di dalam kepala anda, wujudkan sekarang. Pot-pot bunga yang bunganya sudah ditanam dan hidup di dalam mimpi anda, tanamlah mulai hari ini. Anda harus berkomitmen bahwa semua impian yang menyita pikiran anda selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun jangan sampai pergi begitu saja atau tetap menjadi mimpi sampai anda tua. Bergeraklah untuk mewujudkannya, dan nikmati perasaan puas bahwa anda sudah berusaha mewujudkannya.



4. Ubah bentuk pikiran anda


Pikiran anda mengatur gerak usaha anda. Pikiran akan membuat sebuah perbedaan yang besar. Anda tidak bisa mengalami hal yang luar biasa jika anda masih berpikir melanjutkan untuk berpikir secara biasa. Jangan biarkan pikiran anda dikuasai pikiran lemah dan menjatuhkan, seperti saya tidak akan bisa, saya tidak sanggup, saya tidak mempunyai cukup uang untuk melakukan itu, saya mudah sakit dan lain sebagainya. Naikkan tingkat pikiran anda dengan menghubungkannya kepada pikir-pikiran yang positif atau berpikir secara positif. Banyak-banyaklah membaca buku mengenai cara berpikir positif atau mendengarkan nasehat seorang motivator.


Mulailah untuk berpikir positif dan tidak biasa. Mulailah memberi semangat kepada diri anda bahwa anda bisa dan sanggup berbuat lebih dibanding orang lain. Kalau ada orang membuat nasi goreng telur dengan 3 macam saus dan minyak, kenapa anda tidak mencoba 5 macam dengan ditambahkan irisan tiram?



5. Pastikan apa-apa yang menjadi kekuatan anda


Para pemenang bermain dengan kekuatan mereka. Jika anda ingin sukses secara besar-besaran dalam hidup, anda harus memulainya dengan menentukan dengan pasti kekuatan-kekuatan anda. Hal itu tidak akan hanya mengungkapkan potensi-potensi tetapi juga akan membantu membangun karakter anda. Ketika Anda berhasil menentukan kekuatan-kekuatan, maka anda dengan pasti akan mendapatkan beberapa peluang untuk perbaikan di dalam banyak hal dalam hidup. Perkuat bagian hidupmu yang memerlukan perbaikan dan anda akan benar-benar berada di jalan menuju takdir yang sesungguhnya. Jangan terlalu bermain aman dan takut mengambil resiko, tetapi bermainlah dengan kekuatan-kekuatanmu. Dan itu adalah kunci untuk mendapatkan hasil-hasil yang luar biasa dalam hidup.


Mulai hari ini, tentukan apa-apa saja kekuatan-kekuatan anda. Anda seorang pengamat yang tajam, atau seorang konseptor yang ulung, atau seorang pencicip makanan yang handal. Kenapa tidak mencoba kekuatan-kekuatan itu untuk dipadukan dengan semangat, kesenangan dan pikiran positif anda untuk mewujudkan takdir anda.



6. Temukan kunci pribadi anda


Anda memerlukan sebuah dukungan dari orang-orang di sekitar Anda yang akan memotivasi, mendukung dan menjaga anda agar tetap dapat bertanggungjawab. Bagilah mimpi-mimpi anda dengan mereka. Biarkan mereka ikut mendorong anda untuk lebih merealisasikan potensi anda. Siapa tahu mereka bisa menjadi kunci bagi kemampuan anda untuk bergerak ke tingkat yang lebih tinggi. Temukan orang-orang yang bisa dipercaya untuk berada di lingkaran dalam keyakinan anda. Bentuk sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang di sekitar anda yang akan mendorong anda untuk memperluas cakrawala anda. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari orang-orang dekat kita. Orang-orang yang sudah mencapai kedalaman hidup biasanya menguasai seni bagaimana mengendalikan orang-orang di sekitarnya dan berhasil menjadikan mereka sebagai teman sekaligus prajurit yang berani dalam perjuangan mencapai cita-cita bersama.



7. Gunakan pikiran seorang pemimpin


Adakanlah kunjungan ke orang-orang yang sudah berhasil dalam hidupnya. Adakan diskusi dan gali terus informasi dan rahasia-rahasianya. Banyak orang senang apabila bisa berbagi keberhasilan dan dengan suka rela memberitahukan kunci-kunci rahasia keberhasilannya.


Gunakan pikiran seorang pemimpin untuk mengolah informasi yang sudah diterima dan terapkan dalam hidup anda untuk menjadikan hidup anda lebih baik. Dan anda dapat membuat takdir anda menjadi sebuah kenyataan.



Jadikan tahun 2009 sebagai tahun peningkatan. Naiklah ke level yang lebih tinggi dengan semangat dan kekuatan anda. Realisasikan takdir dan mimpi-mimpi anda. Jangan kita menjadi lemah hanya karena sebuah ramalan mengakatakannya kepada anda. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar