Senin, Desember 15, 2008

Lemparan Sepatu Wartawan Irak untuk Ciuman Selamat Jalan Bush

Saya kira wartawan Irak yang bernama Muntadar al-Zaidi, seorang korespondensi untuk televisi Al-Baghdadiya, adalah seorang wartawan yang betul-betul pemberani. Di tengah konferensi pers dengan Presiden George W. Bush dan PM Irak Nouri Maliki, dia dengan berani melemparkan sepatunya kepada Bush.


"Ini adalah ciuman selamat jalan dari rakyat Irak, Anjing!”, katanya sebelum melemparkan sebuah sepatu ke arah Bush, namun meleset.


Kemudian dengan lemparan sepatu yang kedua, yang mana presiden Bush juga berhasil menghindar, Zaidi berkata lagi: "Dan yang ini adalah untuk para janda dan yatim piatu dan semua yang terbunuh di Iraq."

Kemudian Zaidi bergumul di lantai dengan personil keamanan yang berusaha menariknya untuk menjauh.


Pemimpin kantor Al-Baghdadiya mengatakan Associated Press bahwa ia tidak bisa menebak apa yang telah memprovokasi Zaidi untuk menyerang President Bush, meski ada laporan-laporan yang mengatakan Zaidi pernah mengalami sebuah penculikan oleh milisi dan diserang habis-habisan.


"Saya berusaha untuk mengontak Muntadar sejak peristiwa itu, namun sia-sia," kata Fityan Mohammed. "Teleponnya dimatikan."


Para wartawan berkata serangan itu adalah simbolis. Menunjukkan sol sepatu kemuka seseorang adalah simbol sebuah penghinaan di dalam budaya Arab. Orang Irak melemparkan sepatu-sepatu dan menjadikannya sebagai kebiasaan terhadap patung Saddam Hussein setelah dia digulingkan.


Sedangkan komentar Bush sendiri terhadap insiden ini adalah sebuah kelakar. "Jika anda menginginkan fakta-fakta, inilah sebuah sepatu nomor 10 yang telah dilemparkannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar