Senin, September 01, 2008

Awas, Komputer Bisa Meledek Manusia

Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Iptek, Sabtu 07-06-2008 17:47:21

Di Pennsylvania, AS, sebuah program komputer untuk mengecek ejaan (spelling and grammar) tiba-tiba bisa mengubah nama keluarga sejumlah siswa sebuah SMA di sana. Nama-nama para siswa tersebut berubah menjadi tidak umum dan lucu.

Dalam buku tahunan (semacam daftar siswa) Middletown Area High School yang diinput ke dalam sebuah program komputer, nama-nama para siswanya berubah dengan sendirinya. Siswa yang seharusnya bernama Max Zupanovic menjadi Max Supernova (Supernova adalah nama peristiwa meledaknya sebuah bintang), sedangkan yang bernama Kathy Carbaugh berubah menjadi Kathy Airbag (airbag adalah kantung udara keselamatan yang biasa dipasang pada setir mobil) dan yang lebih lucu adalah nama Alessandra Ippolito berganti menjadi Alexndria Impolite (impolite berarti tidak sopan / kasar).

"Komputer ini tiba-tiba melakukannya sendiri," kata Ippolito memberi keterangan.

AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (AI) adalah merupakan bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin / komputer dapat melakukan pekerjaan seperti layaknya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Semakin banyak pengalaman dan pengetahuan manusia semakin cepat pula masalahnya dapat diselesaikan. Demikian juga teknologi komputer akan dapat menyelesaikan sendiri masalahnya tanpa campur tangan manusia lagi jika memiliki pengetahuan dan pengalaman seperti yang dimiliki oleh manusia. Artificial Intelligence (AI) merupakan kepandaian yang "disuntikkan" ke dalam komputer agar dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Atau dengan kata lain komputer bisa berpikir dan mengambil keputusan untuk mengatasi masalahnya sendiri seperti layaknya manusia.

Termasuk kecanggihan teknologi atau hanya hoax ?

Arti kata hoax apabila dicari dengan Thesaurus adalah trick, pratical joke, joke, swindle, ruse, prank, fraud, deception, con trick, put-up jobyang apabila diartikan secara bebas bisa diartikan "omong kosong". Jadi secara bebas Hoax dapat diartikan sebagai berita suatu kejadian, atau suatu pendapat bohong atau palsu yang dilontarkan kepada publik untuk dipercayai sebagai suatu kebenaran.

Nah, apakah berita tersebut merupakan hasil dari implementasi AI atau termasuk hoax, masih belum jelas. Tapi apakah mungkin kejadian seperti itu (memanipulasi program komputer) bisa dilakukan oleh makhluk ghaib ? Hanya Tuhan Yang Tahu.



Sumber: Harian Pagi Banjarmasin Post Tanggal 7 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar