Senin, September 01, 2008

Be-el-te ala Prancis

Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Peristiwa, Senin 02-06-2008 15:18:16


Ini tentu bukan nama makanan, tetapi betul-betul BLT (Bantuan Langsung Tunai yang tidak disebutkan istilah Perancisnya) yang rencananya diberikan oleh pemerintah Perancis kepada para nelayan di sana. BLT sebesar 100 Euro (yang kalau di-Rupiah-kan kira-kira sebesar Rp.1.500.000,-) tersebut rencananya diberikan kepada para nelayan yang mogok melaut disebabkan kenaikan harga BBM yang sangat tinggi dengan maksud agar para nelayan tersebut tetap melaut. Para nelayan tersebut beralasan harga solar untuk kapal mereka telah mengalami kenaikan 300 persen lebih dalam lima tahun terakhir, sedangkan harga grosiran ikan tetap alias tidak mengalami kenaikan.

Protes nelayan dengan cara mogok melaut ini ternyata tidak hanya terjadi di Perancis, tapi juga berlangsung di beberapa negara Eropa lainnya, seperti Spanyol, Italia, Portugal dan Belgia. Di Italia tercatat 5.000 nelayan melakukan mogok, namun pemerintah Italia sendiri menolak untuk memberi dana bantuan darurat. Padahal nelayan sendiri sudah tidak sanggup lagi melaut. Bahkan di Spanyol kegiatan perikanan lumpuh dan semua kegiatan terhenti. Para nelayan dengan didukung serikat pekerja di Spanyol mengancam memblokir pelabuhan jika polisi bertindak represif terhadap pendemo.

Sebenarnya Komisi Eropa telah menjanjikan bantuan langsung untuk merombak industri perikanan Eropa, namun komisi itu mengatakan subsidi untuk mengurangi kenaikan harga BBM akan ilegal. Wah, ngomong-ngomong masih untung bagi kita yang berada di Indonesia karena pemerintah masih memberikan subsidi untuk BBM. Kalau seperti di Eropa subsidi BBM dianggap ilegal, bisa terjengkang kita.



Sumber: Harian Pagi Banjarmasin Post Tanggal 1 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar