Senin, September 01, 2008

Analisa dan Prediksi Hasil Final EURO 2008

Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Opini, Kamis 19-06-2008 08:26:11


Dengan selesainya partai terakhir babak perdelapan final pertandingan sepak bola di EURO 2008 antara Spanyol vs Yunani dan Rusia vs Swedia tanggal 19 Juni kemarin, maka berakhirlah sudah pertandingan dengan perhitungan sistem setengah kompetisi. Babak penyisihan EURO 2008 itu sudah menetapkan hasilnya beserta susunan kesebelasan negara-negara yang akan bertanding.

Partai yang paling menarik

Partai yang semula secara keliru saya katakan termasuk partai hambar, yaitu antara Belanda vs Rumania, ternyata adalah memang partai yang paling menarik. Pertama, karena partai ini adalah partai yang menentukan masuk tidaknya Italia atau Perancis ke babak perempat final, dan juga adanya dugaan "main mata" antara dua kesebelasan yang berhadapan, yaitu Belanda dan Rumania.

Pertandingan yang tidak seimbang antara Belanda vs Rumania dimana kekuatan setiap lini memang dipegang oleh Belanda. Dan dugaan adanya "main mata" cukup terlihat dengan sedikit santainya gaya permainan Belanda, bahkan berkesan main-main. Di beberapa kesempatan terlihat dengan jelas kesan pemain belakang Belanda memberi peluang kepada pemain depan Rumania untuk menciptakan gol, namun tampaknya para pemain depan Rumania tidak bisa memanfaatkan kesempatan baik yang ada. Sehingga pada akhirnya kesebelasan Belanda memang harus memenangkan pertandingan ini, bagaimanapun mereka tidak mau terlalu berkesan dengan jelas "main mata" dan juga mereka malu kalau disindir oleh penggemarnya karena tidak bisa memenangkan pertandingan yang "mudah tersebut".

Itali memang lebih baik dari Perancis

Saya akui prediksi saya mengenai partai Itali vs Perancis adalah prediksi yang tidak fair. Hal tersebut disebabkan saya memang ngefans sama Perancis. Sebenarnya kekuatan berada pada Itali, baik susunan pemain maupun strategi permainan. Perancis sangat terlihat kepayahan untuk memasuki lini belakang Itali yang alot. Begitu juga dengan lini belakang Perancis yang lebih banyak kesulitan menghadapi serangan-serangan Itali. Yah, Perancis memang harus pulang dengan ringan hati, karena Itali memang lebih baik. Tapi saya tidak begitu sedih juga, karena Itali adalah kesebelasan kesayangan anak saya. Yah, sedikit mengalah sama anaklah.

Sedangkan pada partai Rusia vs Swedia terlihat kedua kesebelasan begitu gigih berjuang untuk memenangkan pertandingan tersebut. Pada menit-menit awal banyak peluang yang tersedia untuk Swedia maupun Rusia, namun keduanya belum bisa menghasilkan satu gol pun. Setelah Rusia berhasil membobolkan gawang Swedia dengan di menit ke-24 melalui sontekan dari Roman Pavlyuchenko yang menyambar umpan silang dari Aleksandr Anyukov, ternyata balasan Swedia tiga menit kemudian hampir menyamakan kedudukan, tapi saying tandukan Henrik Larsson cuma membentur mistar. Padahal Swedia cuma membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke perempat final

Hasil poin akhir pada babak perdelapan final

Hasil poin akhir setelah selesainya babak perdelapan final adalah :

Group A

Main

M

D

Kl

G

Km

Pt

Portugal

Turki

Swiss

Republik Ceko

3

3

3

3

2

2

1

1

0

0

0

0

1

1

2

2

5

5

3

4

3

5

3

6

6

6

3

3

Group B

Main

M

D

Kl

G

Km

Pt

Kroasia

Jerman

Austria

Polandia

3

3

3

3

3

2

0

0

0

0

1

1

0

1

2

2

4

4

1

1

1

2

3

4

9

6

1

1

Group C

Main

M

D

Kl

G

Km

Pt

Belanda

Italia

Rumania

Perancis

3

3

3

3

3

1

0

0

0

1

2

1

0

1

1

2

9

3

1

1

1

4

3

6

9

4

2

1

Group D

Main

M

D

Kl

G

Km

Pt

Spanyol

Rusia

Swedia

Yunani

3

3

3

3

3

2

1

0

0

0

0

0

0

1

2

3

8

4

3

1

3

4

4

5

9

6

3

0

Berdasarkan hasil perhitungan poin tersebut di atas, maka kesebelasan-kesebelasan yang akan berlaga pada babak perempat final adalah :

1. Portugal vs Jerman yang akan bertanding pada tanggal 20 Juni 2008

2. Kroasia vs Turki tanggal 21 Juni 2008

3. Belanda vs Rusia tanggal 22 Juni 2008

4. Spanyol vs Itali tanggal 23 Juni 2008.

Analisa dan Prediksi hasil pertandingan pada babak perempat final

Prediksi hasil pertandingan pada babak perempat final berdasarkan hasil-hasil pertandingan sebelumnya adalah :

1. Portugal vs Jerman

Pertandingan ini adalah partai yang sangat seru dimana peta kekuatan yang cukup seimbang ditambah serangan-serangan ganas keduanya pada partai-partai sebelumnya, kemungkinan akan menyuguhkan gaya permainan yang sangat menarik.

Agar analisa dan prediksi kita sedikit akurat, mari kita rewind kembali partai-partai yang telah dilalui Portugal dan Jerman.

Partai

Skor

M/K/D

Partai

Skor

M/K/D

Portugal vs Turki

Portugal vs Ceko

Portugal vs Swiss

Total

2 - 0

3 - 1

0 - 2

5 - 3

M

M

K

Jerman vs Polandia

Jerman vs Kroasia

Jerman vs Austria

Total

2 - 0

1 - 2

1 - 0

4 - 2

M

K

M

Analisa :

1. Lawan tanding di grup A yang berhasil menjadi juara ke-2 grup adalah Turki. Kemenangan Portugal atas Turki 2 - 0 menunjukkan kualitas Turki yang masih di bawah Portugal atau bisa dikatakan cukup mudah. Kekalahan Portugal atas Swiss sebetulnya poin negatif untuk Portugal.

2. Lawan Jerman di grup B, Krosia adalah juara I grup. Kekalahan Jerman atas Kroasia yang memaksa Jerman harus berada di peringkat ke-2 grup. Kekuatan Jerman yang memang dari awal terlihat kukuh dari awal dengan over-overan yang panjang, memang harus cukup puas mampu menahan Kroasia dengan skor 1 - 2.

Prediksi :

Sebetulnya partai ini adalah partai yang cukup seimbang. Namun jumlah kemasukan gol pada Portugal vs Swiss yang terlalu parah, hal ini cukup memberi kesan negatif, maka prediksi kemenangan diberikan kepada kesebelasan Jerman.

2. Kroasia vs Turki

Partai

Skor

M/K/D

Partai

Skor

M/K/D

Kroasia vs Austria

Kroasia vs Jerman

Kroasia vs Polandia

Total

1 - 0

2 - 1

1 - 0

4 - 1

M

M

M

Turki vs Portugal

Turki vs Swiss

Turki vs Ceko

Total

0 - 2

2 - 1

3 - 2

5 - 5

K

M

M

Analisa :

1. Partai ini mungkin kurang seimbang, karena Kroasia kelihatan terlalu kuat untuk Turki. Apalagi Krosia hanya mengalami kemasukan gol sebanyak 1 kali, sedangkan Turki 5 gol. Kesebelasan segrup dengan Kroasia yang berhasil lolos ke babak perempat final adalah Jerman. Kemampuan Kroasia menundukkan Jerman 2 - 1 pada babak penyisihan memberikan nilai positif untuk Kroasia.

2. Kekalahan Turki 0 - 2 dari Portugal sebagai juara I grup A, membuat nilai negatif bagi Turki karena Kroasia sama sekali tidak pernah kalah di babak penyisihan.

Prediksi :

Ketidakseimbangan kekuatan menjadikan prediksi jatuh kepada Kroasia sebagai pemenang di partai ini.

3. Belanda vs Rusia

Partai

Skor

M/K/D

Partai

Skor

M/K/D

Belanda vs Itali

Belanda vs Perancis

Belanda vs Rumania

Total

3 - 0

4 - 1

2 - 0

9 - 1

M

M

M

Rusia vs Spanyol

Rusia vs Yunani

Rusia vs Swedia

Total

1 - 4

1 - 0

2 - 0

4 - 4

K

M

M

Analisa :

1. Belanda sebagai juara I grup C, grup neraka cukup memberikan nilai plus buat kesebelasan ini, ditambah lagi skor memasukkan an . Apalagi Belanda hanya kemasukan 1 gol dan tidak pernah kalah dengan

2. Rusia sebagai juara II grup D yang berhasil menahan 2 - 0 atas Swedia pada laga terakhir kemarin, memberika sedikit nilai positif untuk kesebelasan ini. Namun kekalahan telak 4 - 1 dari Spanyol membuat kedudukan kesebelasan ini cukup dinilai lebih lemah dari Belanda yang tidak pernah kalah dan mengumpulkan poin lebih banyak.

Prediksi :

Ketidakseimbangan kekuatan menjatuhkan prediksi kemenangan buat Belanda pada partai ini.

4. Spanyol vs Itali

Partai

Skor

M/K/D

Partai

Skor

M/K/D

Spanyol vs Rusia

Spanyol vs Swedia

Spanyol vs Yunani

Total

4 - 1

2 - 1

2 - 1

8 - 3

M

M

M

Itali vs Belanda

Itali vs Rumania

Itali vs Perancis

Total

0 - 3

1 - 1

2 - 0

3 - 4

K

D

M

Analisa :

1. Partai ini mungkin partai tidak seimbang, karena Spanyol kelihatan terlalu kuat untuk Itali. Apalagi Spanyol hanya mengalami kemasukan gol sebanyak 1 kali, sedangkan Itali 4 gol.

2. Posisi seri Itali melawan Rumania 1 - 1 cukup memberikan gambaran bahwa Itali berada di bawah kelasnya Spanyol yang berhasil menundukkan Swedia 2 - 1.

Prediksi :

Ketidakseimbangan kekuatan menjadikan prediksi jatuh kepada Spanyol sebagai pemenang di partai ini.

Ada 3 (tiga) hasil prediksi yang ingin disampaikan sebagai hasil analisa dari kekuatan yang terlihat selama pertandingan mulai berlangsung sejak babak penyisihan.

1. Prediksi pertemuan di Semi Final EURO 2008

Jerman vs Kroasia tanggal 26 Juni 2008

Belanda vs Spanyol tanggal 27 Juni 2008

2. Prediksi pertemuan di Final EURO 2008

Jerman vs Spanyol tanggal 30 Juni 2008

3. Prediksi juara EURO 2008

Spanyol

Prediksi tinggal prediksi, bola tetap bulat dan kita hanya bisa menebak. Salam Bola !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar