Selasa, September 23, 2008

Hati-hati Ada Enam Jalur Mudik Berbahaya Di Kalimantan Selatan

Bagi warga Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ingin mudik / pulang kampung hendaknya waspada karena terdapat enam jalur jalan mudik berbahaya karena rusak berat dan masih dalam tahap perbaikan.

Keenam ruas jalur mudik tersebut adalah ruas jalan perbatasan antara Kalsel dan Kalteng yakni di Anjir Pasar dekat Jembatan Barito, ruas jalan perbatasan Kalsel dan Kaltim yaitu di Tanah Grogot yang kini sedang dalam proses perbaikan, sedangkan empat lainnya berada di jalur Trans Kalimantan Poros Selatan, di sepanjang jalan Kotabaru, Sungai Loban, Sebamban dan Batulicin.

Penyelesaian pekerjaan perbaikan semua jalur jalan tersebut tidak dapat segera dilakukan sebelum lebaran ini disebabkan sesuai kontrak kerjanya baru akan selesai dalam waktu lebih dari satu tahun.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya sopir angkutan umum maupun pribadi serta pengendara sepeda motor, terutama yang melakukan perjalanan pada malam hari hendaknya selalu waspada saat melintas di jalur-jalur jalan yang rusak tersebut. Lebih-lebih pada saat hujan turun cukup deras, karena jalanan bisa terendam air dan menjadi lebih licin. Apalagi jalur mudik melalui jalar Trans Kalimantan Poros Selatan merupakan jalur padat, karena sebagian besar pemudik berasal dari daerah Batulicin dan Kotabaru.

Demikian yang disampaikan oleh Wakil Kepala Dinas Kimpraswil Kalsel, Tarjiddin Noor, Senin kemarin.

Sedangkan Kasubdin LLAJ Dishub Kalsel, Ramonsyah mengungkapkan, ada lima jalur yang akan padat pemudik dari terminal kilometer enam Banjarmasin ke beberapa daerah di Kalsel dan Kalteng. Kelima jalur padat tersebut, yaitu, Muara Teweh, Buntok, Puruk Cahu Provinsi Kalteng, serta Kabupaten Batulicin dan Kotabaru, Kalsel.

Nah, bagi Anda yang sudah siap-siap untuk mudik, sebaiknya lebih berhati-hati apabila membawa kendaraan sendiri atau mengingatkan supir angkutan umum yang akan dinaiki. Selamat Mudik.

Sumber : MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar