Senin, September 01, 2008

Ironi 20 Mei, antara Timor Leste dengan Indonesia

Pernah dimuat di Wikimu pada Kanal Peristiwa, Rabu 21-05-2008 21:46:08

Tulisan ini bukan bermaksud mempertentangkan antara dua negara yang bersahabat, namun hanya menceritakan perihal ironi yang terjadi di dalam hubungan kedua negara saat ini.

Seperti sudah diketahui Timor Leste dulunya adalah sebuah propinsi yang bernama Timor Timur dan merupakan bagian yang integral di dalam wilayah Republik Indonesia. Perjalanan panjang perlawanan sebagian rakyat Timor Timur pada waktu itu terhadap pemerintah RI - yang kemudian mereka sebut sebagai perjuangan kemerdekaan dari penjajahan Indonesia - tersebut kemudian berujung pada sebuah referendum yang pada akhirnya berbuah sebuah kemerdekaan bagi rakyat Timor Timur. Dan berdirilah negara Timor Leste.

Negara yang merdeka dan berdaulat tersebut sekarang sudah menjadi negara sahabat dan menjalin hubungan yang baik dengan negara RI. Ini dibuktikan dengan bantuan Indonesia menangkap pemberontak Timor Leste yang telah gagal dalam sebuah percobaan kudeta di sana dan kemudian mengekstradisinya ke Timor Leste.

Ironi 20 Mei

Tanggal 20 Mei yang kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional ternyata bagi bangsa Timor Leste adalah hari kemerdekaannya. Dan di dalam perayaan hari kemerdekaan Timor Leste tersebut bendera merah putih ikut dikibarkan sebagai bendera salah satu negara sahabat Timor Leste. Kemudian di dalam perayaan tersebut diselipkan juga sebuah acara penganugerahan penghargaan oleh pemimpin gereja Katholik di sana kepada 1.500 veteran perjuangan kemerdekaan melawan Indonesia.

Selamat memperingati hari kemerdekaan kepada rakyat Timor Leste.



Sumber: Harian Pagi Banjarmasin Post tanggal 21 Mei 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar