Jumat, September 05, 2008

Baju Khusus Koruptor, Dipakainya Kapan ?


Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Opini, Sabtu 09-08-2008 14:07:24

Dalam rangka memasyarakatkan budaya malu yang sudah mulai menghilang dari negeri ini, Komisi Pemberantasan Korupsi rencananya akan membuatkan baju khusus untuk para tersangka, terdakwa dan terpidana korupsi di Indonesia. Pakaian ini akan dikenakan kepada para tersangka, terdakwa dan terpidana korupsi, khususnya pada saat pemeriksaan yang bersangkutan oleh petugas KPK.

Pemakaian baju tersebut kepada para koruptor yang tertangkap dimaksudkan sebagai shock therapy bagi koruptor dan mungkin juga calon koruptor - maksudnya para pejabat dan birokrat atau orang-orang yang berniat korupsi - sekaligus menimbulkan rasa superioritas bagi penyidik KPK. Katanya penyidik KPK sering minder karena kalah parlente dengan tersangka koruptor yang diperiksanya.

Namun, menurut Hasril Hermanto, Ketua Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MAPPI) kepada detikcom (Kamis 7/8/08), baju khusus koruptor sebaiknya tidak dipakai dalam persidangan.

"Sidang kan untuk mencari kebenaran. Kalau terdakwa korupsi mengenakan baju koruptor itu berarti kita tidak menghargai azas praduga tidak bersalah dan bisa digugat. Sebab, orang yang jelas belum bersalah kok kenapa harus memakai baju khusus koruptor. Jadi sebaiknya setelah ada putusan," katanya.

Ide pintar berupa baju khusus koruptor ini pada akhirnya berujung pada pertanyaan: "Kapan memakainya?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar