Senin, September 01, 2008

Sorakan Gol di Pengungsian

Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Peristiwa, Kamis 12-06-2008 08:42:15


Apabila kita menyaksikan tim kesayangan kita bertanding di EURO 2008 ini dan kemudian kesebelasan idola kita tersebut berhasil membobol gawang lawan, biasanya kita akan bersorak kegirangan. Gol ! Itu kalau kita yang menonton pertandingan sepak bola tersebut. Tapi akan berbeda kalau yang menonton sepak bola di EURO 2008 adalah para pengungsi korban perang di Afghanistan yang tinggal di tenda-tenda darurat, mereka mungkin akan bersorak kegirangan tanpa peduli siapa pun kesebelasan yang berhasil mencetak gol. Kenapa bisa begitu ?

Sumbangan dari goal

Rupanya di EURO 2008 yang ke-13 kali ini UEFA bekerja sama dengan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) telah mengalokasikan dana sumbangan untuk para pengungsi korban perang sebesar 4.000 Euro atau sekitar Rp.56 juta untuk setiap gol yang tercipta di perhelatan akbar sepak bola EURO 2008 ini. Sebagian dana sumbangan ini akan diberikan kepada para pengungsi Afghanistan. Nah, sampai tanggal 11 Juni kemarin baru tercipta 16 gol dari delapan pertandingan. Artinya, dana yang terkumpul untuk para korban peperangan ini baru mencapai Rp.896 juta.

Selain itu, program lain yang sudah direncanakan adalah pengembangan keluarga melalui beberapa level komunitas seperti budaya dan ekonomi. Beberapa kawasan yang menjadi target antara lain Afghanistan, Palestina, Somalia, Zambia, Senegal dan beberapa negara lain di Afrika dan Amerika Selatan. Beberapa pemain top Eropa akan dijadikan Duta Besar program ini yang diberi tajuk Score for The Red Cross atau Gol untuk Palang Merah.

Jadi bisa dibayangkan bagaimana bergemuruhnya sorak-sorai di pengungsian akibat korban perang seperti di Afghanistan apabila para pengungsi ikut menyaksikan pertandingan sepak bola EURO 2008 dan menyaksikan setiap gol yang terjadi. Mungkin banyaknya gol yang diciptakan oleh Poldoski (Jerman) dan David Villa (Spanyol) adalah merupakan hasil doa para pengungsi ini yang dikabulkan oleh Tuhan. Jadi ingatlah bahwa setiap kita bersorak apabila kesebelasan kesayangan kita berhasil mencetak gol ke gawang lawan dan setiap gol tercipta di EURO 2008 ini, berarti di saat bersamaan para pengungsi itu juga bersorak kegirangan. Gooolllll !!!!



Sumber: Harian Pagi Banjarmasin Post Tanggal 12 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar