Senin, September 01, 2008

Geng Nero, Fenomena Emansipasi yang Negatif

Pernah tayang di Wikimu pada Kanal Opini, 15-06-2008 09:16:33

Berita terakhir menyebutkan bahwa anggota Geng Nero sebanyak empat orang sudah ditangkap. Keempat remaja perempuan di bawah umur ini ditangkap di rumahnya masing-masing di Pati, Jawa Tengah. Mereka mengaku melakukan penganiayaan terhadap korbannya, karena yang bersangkutan ternyata pernah mengejek geng mereka sebelumnya.

Hasil rekaman video streaming sebuah telepon selular yang berhasil disita polisi itu menunjukkan bahwa ada semacam kegiatan ploncoan dalam rangka penerimaan anggota geng baru. Ada aksi penamparan, pemukulan - tentu saja dengan gaya khas wanita - yang dilakukan oleh seorang anggota geng lama terhadap anggota geng baru. Kasus seperti geng motor di Bandung kemarin sepertinya terulang kembali, namun dengan anggota yang semuanya terdiri dari anak remaja perempuan.

Emansipasi gaya Pati

Yang aneh adalah kejadian ini munculnya di Pati, Jawa Tengah. Sebuah kabupaten yang peri kehidupannya mungkin jauh dari hingar-bingar kota metropolitan seperti Jakarta. Seandainya fenomena ini ditemui di Jakarta mungkin kita bisa maklum, karena peri kehidupan kota metropolitan yang sudah sangat individualistis dan hubungan anak-orang tua yang cenderung gersang bisa jadi pemicu bergesernya pola perilaku remaja puteri kita. Tapi untuk kondisi kehidupan di daerah seperti Pati, Jawa Tengah - maaf saya tidak mengetahui dengan persis bagaimana peri kehidupan di sana, mohon info dari pembaca - rasanya tidak mungkin terjadi kasus seperti ini.

Kejadian seperti ini mungkin saja sudah terjadi di kota seperti Jakarta atau daerah-daerah lain di seluruh Indonesia, tapi barangkali belum terungkap ke publik disebabkan masih tersembunyi dan belum menimbulkan ekses yang tampak nyata di masyarakat. Sudah saatnya kita peduli terhadap perkembangan jiwa dan perilaku anak-anak remaja kita. Kontrol orang tua, keluarga dan masyarakat harus lebih ditingkatkan. Jangan dibiarkan anak-anak remaja kita menyalurkan jiwa sosialnya dengan membentuk organisasi-organisasi yang berkegiatan negatif dan mengarah kepada tindakan kriminal. Mereka adalah calon pemimpin. Jangan sampai mereka menjadi calon pemimpin di dunia kejahatan. Waspadalah !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar